Rabu, 23 November 2011

Nutrisi Seimbang Penting Untuk Kecerdasan!

Nutrisi seimbang penting untuk meningkatkan dan “memelihara” kecerdasan otak. Karena bila status gizi anak kurang atau buruk, daya tahan tubuh turun dan mudah sakit. Akhirnya mempengaruhi kinerja otak.

Otak cerdas dimiliki oleh anak yang sehat. Dan untuk menyiapkan anak cerdas harus disiapkan sejak dalam kandungan. Pertumbuhan optimal otak adalah 2 tahun pertama, sehingga penting untuk memperoleh ukuran besar otak yang optimal. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat adalah yang mengandung nutrisi seimbang. Nutrisi seimbang adalah nutrisi yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Berisi berbagai bahan makanan dengan komposisi seimbang, yakni karbohidrat (55-60%), lemak (20-30%), dan  protein (hewani dan nabati: 15-25%).

Banyak penelitian membuktikan pentingnya nutrisi untuk peningkatan maupun “memelihara” kecerdasan otak. Seperti yang diungkapkan oleh Dr.Tinuk Agung Meilany, SpA, Ahli Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak, RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta, saat hadir sebagai pembicara dalam Smart Parent Conference Optimizing the Golden Years bersama Ayahbunda dan Frisian Flag di Yogyakarta, Sabtu-Minggu (17-18/7). Tinuk mengatakan apabila status gizinya baik, tubuh anak akan lebih sehat. Dia bisa belajar, tumbuh dan berkembang lebih cerdas. “Rumus ini berlaku sebaliknya bila anak memiliki status gizi kurang atau buruk sehingga anak menjadi tidak sehat, daya tahan tubuh turun dan mudah sakit, dan pada akhirnya anak tidak bisa belajar atau bertambah pandai,” lanjutnya.

Menurut Tinuk, nutrisi seimbang harus diperoleh anak setiap hari, berkesinambungan dan terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Pola makan yang lengkap untuk anak adalah 3 kali makan lengkap (nasi, lauk pauk hewani dan nabati, sayur), 2 kali makanan selingan berupa buah dan kue serta minuman, dan 2 - 3 kali minum susu.

Tinuk menambahkan, jumlah kalori yang diberikan pada anak harus disesuaikan kebutuhan Berat Badan (BB) ideal.

0 komentar:

Posting Komentar