Rabu, 09 November 2011

Balita Dan Kebutuhan Suplemen


Saat ini orangtua mulai memperhatikan pentingnya Suplemen untuk pertumbuhan Balita mereka. Ditambah iklan dan penawaran Suplemen Balita dengan berbagai merek yang banyak beredar di pasaran melalui Iklan TV, Internet, Majalah, dan penawaran di Mall atau Supermarket. 
Namun, terkadang orangtua memberikan Suplemen kepada Balita hanya karena pengaruh Iklan, omongan teman, atau malah untuk gaya-gayaan. Wah...kalau untuk alasan yang terakhir, bisa berabe nih....
Menurut beberapa sumber yang saya baca, sebenarnya tidak semua Balita membutuhkan tambahan asupan Suplemen. Karena Suplemen itu berfungsi sebagai pelengkap, artinya bukan menjadi faktor utama kebutuhan. Nah, kalau Balita kita sehari-hari sudah terpenuhi kebutuhan gizi dan vitamin melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi, maka Suplemen boleh ditiadakan dari daftar kebutuhan asupan tambahan Balita. Jadi, kalau Balita kita sudah rajin minum susu, makan semua jenis sayuran, ikan, daging, buah, dan makanan bergizi lainnya, maka tidak perlu lagi diberikan Suplemen vitamin tambahan. Karena pemberian Suplemen yang berlebihan akan menimbulkan gangguan kesehatan anak di kemudian hari. Misalnya kelebihan vitamin A akan menimbulkan rasa mual, pusing.
Namun ada beberapa tipe Balita yang memang membutuhkan Suplemen vitamin, contohnya tipe Balita yang sulit makan atau pemilih ( ini tipe anak saya nih...) dan Balita yang menderita autis atau penyakit gangguan hati kronis. Balita yang sedang berdiet karena obesitas juga memerlukan Suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitaminnya yang hilang akibat diet tadi. Sedangkan untuk Balita yang vegetarian perlu diberikan Suplemen vitamin B12 untuk menambah tenaga yang biasanya didapat dari daging.
Pemberian Suplemen sebenarnya lebih bertumpu pada perasaan “aman” si orang tua. Terkadang ada orangtua yang merasa kebutuhan vitamin dan gizi Balita tidak terpenuhi karena sehari-hari Balita diasuh oleh orang lain yang kurang memperhatikan nilai gizi setiap makanan dan minuman Balita. Nah, kalau para orangtua merasakan hal seperti itu sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat tentang pemberian Suplemen kepada Balita.

0 komentar:

Posting Komentar